Sebuah Blog Biasa Dari Seseorang Yang Biasa Aja

Rabu, 25 Januari 2012

Antara Peringkat Webrometrics Dan UNSOED

Selamat pagi, siang, sore atau malam teman2 semua. Kali ini gw mau ngeshare sesuatu nih, moga2 bermanfaat. Ini murni pemikiran ane, kalo ga setuju, itu hak anda :D




Sebelumnya coba baca berita ini dulu:


4 Universitas Indonesia Masuk 20 Besar Asean


VIVAnews - Sistem pemeringkatan Perguruan Tinggi (PT) Webometrics memperbarui daftar pemeringkatan PT terpopuler di Internet secara global pada tahun 2011. Dari Indonesia, tidak ada satu universitas pun yang bisa menembus peringkat 100 besar, bahkan peringkat 500 besar sekalipun.


Tetapi, ada empat universitas lokal yang mampu bertengger setidaknya dalam daftar 20 universitas terbaik di wilayah ASEAN alias Asia Tenggara. Terdiri dari tiga PTN dan satu PTS, mereka adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Gunadarma.


Sayang, tidak ada wakil Indonesia dalam peringkat 10 besar ASEAN. Di peringkat pertama ada National University of Singapore. Menyusul di bawahnya secara berurutan hingga posisi kelima adalah Kasetsart University (Thailand), Chulalongkorn University (Thailand), Universiti Teknologi Malaysia, dan Universiti Sains Malaysia.


UI adalah wakil terbaik dari Merah Putih dan hanya berada di peringkat ke-12, disusul ITB ke-16, UGM ke-18, dan Universitas Gunadarma ke-19. Setidaknya empat wakil tersebut berada dalam daftar 1000 universitas terpopuler skala dunia.


Sekadar diketahui, Webometrics melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20 ribu perguruan tinggi di dunia. Hanya 149 PT di Indonesia yang masuk pemeringkatan oleh lembaga yang berbasis di Spanyol ini. Atau, ada penambahan 6 PT dari Indonesia dibandingkan edisi Januari.


Hasil pemeringkatan dipublikasikan setiap semester yaitu pada setiap bulan Januari dan Juli. Untuk edisi terbaru ini ada sedikit perubahan metodologi pemeringkatan dibandingkan edisi sebelumnya. Pemeringkatan didasarkan pada empat parameter yaitu Visibility, Size, Rich Files, dan Scholar.


Pada edisi sebelumnya, Visibility diukur dengan jumlah tautan eksternal yang unik yang menuju ke website perguruan tinggi yang bersangkutan. Jumlah tautan tersebut diukur dengan Yahoo Site Explorer. Sementara Size adalah jumlah webpage pada sebuah website PT yang terindeks oleh Google, Yahoo Site Explorer, dan Bing.


Rich Files merupakan jumlah file yang ada di website PT dengan format dokumennya mencakup word, PPT, PDF, dan postscript. Sedangkan, Scholar merupakan jumlah artikel yang terindeks di Google Scholar. (eh)


source

Jadi memang webrometrics, memberi peringkat universitas seluruh dunia, lewat terpopulernya Universitas di internet alias dari search google.

Ane perhatiin sih, keyword UNSOED di google emang ga banyak, di bandingin dengan UI, ITB, UGM, bahkan Gundar.

Beberapa waktu lalu ane sempet liat di blognya anak Und**, yang bilang peringkat Undip dari webrometric naik paling menakjubkan, dan ada yg komen di bawahnya, "Ga salah rektor UND** dulu minta mahasiswa untuk rajin2 ngeblog menggunakan kata2 Und**"

Nah, gw punya pemikiran sendiri, Unsoed adalah salah satu PTN berkualitas di Indonesia. Tapi peringkat Unsoed dari webrometrics ini masih di luar 10 besar. Padahal Unsoed terletak di Purwokerto yang kita tahu kota ini yang sangat cocok untuk situasi kondisi belajar, terletak di kaki Gunung Slamet membuat Purwokerto memiliki intensitas cuaca yang adem, nyaman, tenteram dan masih banyak lagi. :D
Untuk kita yang melek terhadap teknologi mungkin kita bisa sering2 ngepost kata2 Unsoed di Kaskus, atau juga bisa ngeblog seperti gw ini, dengan membahas kampus Unsoed, dll. Sehingga, keyword UNSOED a.k.a Universitas Jenderal Soedirman bisa semakin banyak di google, dan tentunya mempengaruhi peringkat di Webrometrics. 

SALAM UNSOEDIAN :D




HIDUP MAHASISWA INDONESIA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar