Sebuah Blog Biasa Dari Seseorang Yang Biasa Aja

Kamis, 12 Juli 2012

Sejarah Asian Law Student Association

ASEAN Law Students Association, atau biasa disebut ALSA, didirikan pada tanggal 18 Mei 1989 oleh sekelompok mahasiswa hukum dari beberapa negara ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Perjanjian pendirian ALSA ditandatangani pada acara ALSA Conference yang pertama yang dilangsungkan di Jakarta.

Inisiatif untuk mendirikan ALSA pertama kali dicetuskan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Indonesia (ISMAHI) pada Kongres Nasional-nya yang kedua yang diadakan di Minahasa tahun 1987. Dua tahun kemudian, ISMAHI mengadakan ASEAN Law Students Conference yang pertama di Jakarta pada tanggal 15 sampai 20 Mei 1989. Acara yang didukung oleh Sekretariat ASEAN, Asosiasi Hukum ASEAN (ALA), Asia Foundation, Pemerintah Indonesia, dan Pemerintah Negara-negara ASEAN inilah yang menjadi tonggak awal berdirinya organisasi ALSA.

Tujuan pendirian ALSA antara lain adalah untuk memajukan dan mengembangkan pemahaman serta penghargaan terhadap sistem-sistem hukum yang berbeda dari masing-masing negara anggota ALSA, selain juga sebagai sarana untuk mempererat rasa persahabatan diantara mahasiswa hukum yang menjadi anggota ALSA dan sebagai wadah pertukaran informasi serta pengetahuan mengenai isu-isu hukum yang berkembang di negara masing-masing.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan semakin menguatnya interaksi antar bangsa dalam era globalisasi ini, maka organisasi ALSA-pun merasa perlu untuk mengembangkan jaringan dan keanggotaan dengan mahasiswa-mahasiswa hukum di negara-negara Asia yang lain. Oleh karena itu, pada tanggal 7 September 2002, ALSA dengan mahasiswa-mahasiswa hukum dari berbagai negara Asia (Jepang, Korea Selatan, Cina, Taiwan, dan Hongkong) yang tergabung dalam Asian Law Students Association, sepakat untuk menggabungkan organisasi mereka lewat Tokyo Agreement untuk menjadi Asian Law Students’ Association (ALSA).

Saat ini keanggotaan ALSA terdiri atas pelajar-pelajar hukum dari berbagai negara Asia, antara lain 
1. Indonesia, 

2. Malaysia, 

3. Singapura, 

4. Thailand, 

5. Filipina, 

6. Jepang, 

7. Korea Selatan, 

8. Cina, dan 

9. Hongkong. 



ALSA Indonesia sendiri ada 12 Local Chapter yang terdiri dari Perguruan Tinggi Negeri Di Indonesia, yaitu 

Universitas Syiah Kuala, Aceh 

Universitas Sriwijaya, Palembang

Universitas Indonesia, Depok

Universitas Padjajaran, Bandung



Universitas Jenderal Sudirman, Purwokerto 


Universitas Diponegoro, Semarang

Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta



Universitas Airlangga, Surabaya

Universitas Brawijaya, Malang

Universitas Jember, Jember

Universitas Hasanuddin, Makasar 

Universitas Sam Ratulangi, Manado



Universitas Udayana, Bali


Official Video ALSA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar