Sebuah Blog Biasa Dari Seseorang Yang Biasa Aja

Sabtu, 09 Februari 2013

Kenapa Kuliah di Fakultas Hukum?



Kenapa Kuliah di Fakultas Hukum? Hahaha mungkin judul yang sedikit kontroversial, tapi sebenarnya maksud saya menulis tulisan ini adalah sebagai panduan bagi siswa-siswi SMA/sederajat yang sekarang mungkin sedang gencar-gencarnya mencari Universitas untuk melanjutkan studinya.

Berhubung saya adalah mahasiswa hukum, saya akan memberikan pandangan bagi kalian kenapa harus memilih Fakultas Hukum dari segi bercanda berdasarkan pengalaman saya sendiri. Ingat, cuma bercanda yah. :) Jangan terlalu serius haha.

Pertama, Kuliah di Fakultas Hukum itu ditakutin. Kok bisa? Ya, ini berdasarkan pengalaman pribadi ngobrol dengan teman yang baru saya kenal di Gerakan Pemuda di Gereja saya;

X: Ooh Unsoed tuh di Purwokerto daerah ngapak ya? Kencot nih (sambil menirukan logat ngapak)
J:  Iya betul, hahaha kok tau?
X: Dulu pas jaman-jaman snmptn liat Unsoed, ga taunya daerah ngapak, kirain dimana. Ambil Fakultas apa?
J: Fakultas Hukum
X: Waduh ngeri... (tersenyum sambil mengangkat kedua tangan)

Ini bukanlah pengalaman pertama saya seperti ini. Saya sendiri juga bingung kenapa bisa begini. Analisis saya, mungkin..... mungkin loh ya mereka takut karena melihat acara Indonesia Lawyers Club di Stasiun Televisi Swasta tanah air yang kalo berdebat bukan  main ngerinya. hahaha. Apalagi kalo masih jadi mahasiswa, punya rambut gondrong anak hukum pula. Makin ditakutin deh :)

acara Indonesia Lawyers Club yang dipandu oleh Karni Ilyas

Kedua, dalam penerimaan mahasiswa baru secara nasional atau SNMPTN, daya tampung Fakultas Hukum memiliki daya tampung yang biasanya paling banyak. Pengalaman saya di tahun 2011, SNMPTN undangan maupun tertulis memang daya tampungnya yang paling banyak. Jadi kesempatan kuliah di Universitas Negeri semakin lebar. :) :)
Penasaran? coba cek sendiri di http://www.snmptn.ac.id/

Ketiga, Menurut dosen-dosen.... ini menurut beliau semua yaa, kuliah di Fakultas Hukum itu luas mau kerja di mana aja. Selama ini kan pendapat masyarakat awan lulusan Fakultas Hukum itu ya jadi Pengacara macam Hotman Paris, Henry Yosodingrat, O.C Kaligis dan lain-lain. Sebenarnya lulusan Fakultas Hukum itu selain jadi pengacara, hakim, dan jaksa, bisa kerja menjadi notaris, kerja di Bank, Kerja di Kantor-kantor lainnya sesuai dengan kompetensi nya di bidang Hukum.

Jangan terlalu serius dengan tulisan diatas yah, walaupun emang benar adanya haha. Nah! Jadi bagi kalian yang masih bingung kuliah di mana mungkin sekarang sudah dapat pencerahan kan?

1 komentar:

  1. pak karni ilyas panutan banget deh:"))
    eh mampir blogku yaa http://student.blog.dinus.ac.id/dhyanaranp/2017/03/13/mencintai-apa-adanya/

    BalasHapus